Monday 30 September 2013

Tip Menulis untuk Anak-Didik

Penulis  : M. Rasyid Nur
Sumber : www.guraru.org

SALAH satu tugas yang terasa cukup berat bagi guru dalam upaya membiasakan peserta didiknya untuk menulis adalah memulai menulis itu sendiri. Mungkin pekerjaan ‘memulai’ tidak hanya terasa sulit di pekerjaan menulis tapi bisa jadi di semua pekerjaan. Tapi sebagai guru yang menginginkan anak-anaknya terampil menulis, kita merasa keterampilan menulis memang perlu terus untuk dimotivasikan kepada peserta didik.

Saya yakin setiap guru mempunyai tip dan cara untuk memotivasi anak-anak agar terampil menulis. Bukan hanya Guru Mata Pelajaran (GMP) Bahasa Indonesia saja yang merasa berkewajiban membimbing dan memotivasi anak-anak untuk mampu menulis tapi semua guru akan berusaha untuk itu. Bagi guru tentu saja akan bermanfaat sangat besar jika mau memotivasi dan membimbing anak-didiknya untuk menulis. Secara langsung kita sebenarnya sekaligus memotivasi diri sendiri untuk menulis. Artinya, dengan selalu membimbing dan memotivasi peserta didik kita untuk terampil menulis maka guru sendiri akan terampil menulis.


Dari sekian banyak cara itu, saya yakin dengan membuat ‘catatan harian’ atau catatan pribadi oleh setiap siswa adalah yang paling mudah untuk dilakukan. Biasanya guru tidak menuntut apa isi tulisan atau bagaimana bentuk tulisan itu. Yang diutamakan dalam membuat catatan harian adalah bahwa setiap anak secara konsisten menulis setiap waktu yang sudah ditentukan. Jika disepakati catatan harian, artinya setiap hari anak harus ada yang dia tulis untuk disetorkan atau ditunjukkan kepada guru. Penyerhan tulisan sendiri juga bisa disepakati: mingguan atau bulanan.

kerja berat guru dalam hal ini tentu saja konsistensi guru itu sendiri untuk mengoreksi dan atau membaca setiap karya tulis anak-anaknya. Meskipun catatan itu hanya berupa sebuah komentar atau sebuah kalimat pendek, guru tetap wajib memberi responnya. Dari respon guru itulah lahir motivasi dari ana-anak.Perihal sarana yang dapat dipergunakan untuk membuat catatan harian atau catatan pribadi, saat ini sudah sangat banyak.

Dari yang manual (kertas/ buku) sampai kepada yang elektronik seperti komputer atau laptop dan yang sejenis, dapat dimanfaatkan. Anak-anak yang oleh orang tuanya sudah diberikan fasilitras seperti laptop atau iPad, misalnya maka alat ini dapat dimanfaatkan untuk membuat catatan harian. Bahkan bagi guru yang sudah memanfaatkan media online, pun dapat menggunakan ini untuk anak-anak yang juga sudah sama-sama menggunakannya. Blog pribadi tentu saja menjadi salah satu yang paling bagus. Bagaimanapun, guru memang perlu memberikan motivasi terus-menerus agar anak-anak mau dan mampu menulis. Dan jika dengan cara membudayakan menbuat catatan harian adalah salah satunya, ya mari kita cobakan kepada anak-didik kita. Semoga!

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi gubuk saya...!!
Salam