Wednesday 26 June 2013

ULAR TANGGA UNTUK PEMBELAJARAN




Banyak pendidik yang mengajar di SD menggunakan sistem pembelajaran yang bersifat cooperative, jika dulu lebih banyak menggunakan cara tradisional yaitu hanya ceramah, tanya jawab dan evaluasi namun pada saat ini bisa dikatakan sudah mulai ada kemajuan walaupun belum semuanya. Karakter siswa SD yang masih senang bermain, menuntut para guru untuk membuat sebuah cara dalam pembelajaran agar suatu kegiatan pembelajaran dan materi yang disampaikan dapat diserap dan dipahami oleh siswa terutama bagi siswa kelas 1 SD.
Dari pengalam dan kajian penulis sebelumnya menunjukkan bahwa nilai dari hasil pembelajaran matematika kelas 1 SD pada saat materi pokok  membilang dan mengurutkan angka, banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM 60. Oleh sebab itu penulis menggunakan sebuah metode dan alat peraga yaitu metode cooperative dan alat peraga berupa permainan ular tangga.
Permainan ular tangga ini adalah salah satu bentuk permainan yang banyak melibatkan aspek perhitungan, ketepatan, dan ketelitian yang berhubungan dengan angka – angka. Permainan ini banyak sekali ditemukan di kehidupan sehari – hari. Akan tetapi dalam pelaksanaan metode ini penulis menggunakan alat perag permainan ular tangga yang penulis menciptakan sendiri papan dan isi permainan sesuai kebutuha untuk pembelajaran.
Permainan ular tangga yang penulis kembangkan ini terbuat dari papan karton atau kertas manila yang mudah didapat, kemudian dadu, dan buah catur untuk menjalankan. Permainan ini bisa dimainkan lebih dari 2 orang, efisiennya adalah 2 – 4 orang. Selain biaya murah dan mudah didapat, permainan ular tangga ini sesuai dengan karakter siswa SD terutama kelas awal yang masih senang bermain.
Dari hasil belajar serta evaluasi yang penulis laksanakan didapat peningkatan minat dan hasil belajar siswa, jika sebelumnya hanya 5 (50 %) anak yang memahami dan dapat menyelesaikan soal individu pada pelajaran sebelumnya, pada pembelajaran saat ini mengalami peningkatan yaitu 9 anak ( 90 %) dapat menyelsaiakan soal individu. Artinya sebagain besar siswa sudah dapat memahami dan tuntas dalam pembelajaran materi pokok membilang dan mengurutkan angka.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi gubuk saya...!!
Salam