Thursday 24 October 2013

KEAKSARAAN FUNGSIONAL SEBAGAI MEDIA PEMBERANTASAN BUTA AKSARA


 Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan modern diiringi pula dengan era globalisasi yang sedang berkembang, maka perlu adanya kemajuan dan tingkat intelegensia Sumber Daya Manusia agar tidak tertinggal atau bahkan digilas dengan era yang serba maju pada saat ini. Salah satu tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana perkembangan suatu bangsa dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Saat ini disadari atau tidak, Indonesia masih tertinggal jauh dengan negara=negara lain berdasarkan IPM. IPM Indonesia masih di bawah standart berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh UNDP (The United Nations Development Programme) atau Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Melihat data yang disajikan, bahwa pada April tahun 2012 kemarin IPM Indonesia masuk pada peringkat ke 117 dari 177 negara.  Bila dibandingkan dengan beberapa  tahun yang lalu, yaitu pada tahun 2009 di tingkat 109 dan pada tahun 2010 di tingkat 108 (sumber : http://mudjiarahardjo.com). Sedangkan berdasarkan sumber lain seperti yang ditulis oleh Omas Bulan Samosir (Kompas, 25/11/2011), pada tahun 2011 menjadi urutan 124 dari 187 negara yang disurvei. IPM didasarkan pada tiga indikator, yaitu : yaitu : 1) ekonomi, dilihat dari pendapatan dan daya beli perkapita,  2) kesehatan , dilihat dari angka harapan hidup, dan 3) pendidikan, dilihat dari angka harapan anak usia sekolah.
Nana Swarasama ( Suara Merdeka,27 Juli 2007) meyebutkan bahwa, keterpurukan Indonesia bila dilihat dari IPM, lebih faktual disebabkan oleh karena masih banyaknya penduduk yang menyandang buta aksara.  Hal ini tentunya sangat memprihatinkan bagi Indonesia apalagi “hari gini” masih banyak yang belum mendapatkan pendidikan secara memadai. Prof. Dr. H Mudjia Rahardjo, MSI. 2001, menyatakan bahwa “IPM kita sangat terkait sekali dengan masalah pendidikan. Tidak ada bangsa yang mengalami kemajuan tanpa mengalami dan melalui pembangunan pendidikan yang baik” (http://www.mudjiarahardjo.com).

1 comment:

  1. PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

    1. Apa hakekat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik itu ? jelaskan
    2. Apa bedanya pertumbuhan dan perkembangan itu ? Jelaskan
    3. Menurut Sntro dan Yussen anak memiliki beberapa fase , sebutkan 5 fase yang di alami oleh anak dan jelaskan !!!
    4. Satterly dan Donnely ada 10 prinsip dasar pertumbuhan , apa saja 10 tersebut ? jelaskan masing - masing
    5. Teori - Teori apa saja yang membicarakan tentang hakekat perkembangan peserta didik dan siapa tokohnya ? sebutkan dan jelaskan masing - masing
    6. perkembangan bahasa bagi anak ada dua periode diantaranya periode linguistik. perioade ini terbagi menjadi 3 fase, sebutkan dan jelaskan dari masing - masing fase tersebut
    7. hukuman suatu sanksi fisik maupun non fsik terhadap suatu kesalahan oleh anak, apa fungsi hukuman itu ? sebutkan dan jelaskan
    8. dececco dan grawford mengatakan 4 peranan guru untuk meningkatkan motivasi siswa, apa 4 tersebut dan jelaskan.



    PROFESI KEGURUAN

    1. Apakah pengertian profesi, profesioanal, profesionalisme, dan profesionalisasi itu ?
    2. apa perbedaan mendasar nara profesi dengan teknisi ? jelaskan
    3. bandingkan pendapat rochman natawijay dengan D. Westby Gibson tentang ciri ciri profesi. sebutkan persamaan dan perbedaannya
    4. organisasi profesi guru tidak hanya PGRI, mengapa terjadi beberapa organisasi ? dan sebutkan jenis organisasi guru tersebut.
    5. bagaimana pengertian , fungsi, dan ruang lingkup kopetensi kepribadian guru ? uraikan
    6. ki hajar dewantoro dengan system among nya : ing ngarso sungtulodo, ingmadyo mangun karso, tut wuri handayani, bagaimana implementasinya dalam kaitan KBM ? Jelaskan dan berikan contohnya
    7. bagaomana pengertian, fungsi, ruang lingkup kopetensi sosial guru ? uraikan
    8. diantara komponen kompetensi profesional guru adalah profesional dalam pengelolaan program belajar mengajardan pengelolaan kelas , bagaiman secara rinci menurut Sciver tentang kompetensi guru dalam program KBM ? Sebutkan dan jelaskan
    9. berkaitan dengan kompetensi profesioanal guru dalam pengelolaan kelas, jenis kemampuan apa saja yang harus di miliki oleh guru ? sebutkan dan jelaskan.
    10. mengapa guru perlu memahami inovasi di bidang pendidikan ? jelaskan jawabanmu


    ini pak soal dari pak pangat...
    selamat mengerjakan aza !!!!!!!!



    ReplyDelete

Terima Kasih telah mengunjungi gubuk saya...!!
Salam