Monday 26 August 2013

Menggunakan Metode Playing Card Pada Pembelajaran IPA di SD Materi Ajar Tempat Hidup Tumbuhan Pada Siswa Kelas Tematik

Peserta didik yang berada pada sekolah dasar kelas satu, dua, dan tiga berada pada rentangan usia dini. Pada usia tersebut seluruh aspek perkembangan kecerdasan seperti IQ, EQ, dan SQ tumbuh dan berkembang sangat luar biasa. Pada umumnya tingkat perkembangan masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) serta mampu memahami hubungan antara konsep secara sederhana. Proses pembelajaran masih bergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialami secara langsung.
Oleh sebab itu dalam pembelajaran matematika di kelas tematik, khusunya pada kelas II materi ajar tempat hidup tumbuhan perlu diterapkan suatu metode pembelajaran koorporatif sesuai dengan krakteristik anak usia kelas awal SD. Untuk menerapkan metode pembelajaran koorporatif maka dipilih tipe pembelajaran playing card untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat serta hasil belajarnya pada materi tempat hidup tumbuhan.
Berdasarkan kajian teori dan pengalaman dari beberapa ahli yang telah menerapkan metode pembelajaran koorporatif tipe demonstrasi, dan pengalaman dari pendidik yang telah menggunakan alat peraga playing card, penulis mencoba mengkaji dan menerapkan pada saat pembelajaran IPA materi ajar tempat hidup tumbuhan pada siswa kelas tematik.
Setelah mengakaji dan menerapkan alat peraga dakon dalam pembelajaran tersebut selama 2 x pertemuan (4 x 35 menit), di dapat perbedaan yang signifikan yaitu jika siswa hanya diberikan pembelajaran konvensional (sebelum menggunakan alat peraga) hasil yang dicapai dari 12 siswa hanya 3 anak yang dapat tuntas (25 %), dan sisanya sebanyak 9 orang (75 %) belum tuntas. Akan tetapi setelah diterapakan metode pembelajaran koorporatif tipe pembelajaran dengan alat peraga playing card, hasil yang diperoleh meningkat menjadi 11 anak telah tuntas ( 92% ), dan 1 anak remidi (8 %).

Melihat hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa, alat peraga playing card dapat digunakan dalam pembelajaran koororatif pada pembelajaran IPA materi ajar tempat hidup tumbuhan pada siswa kelas Tematik. 

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi gubuk saya...!!
Salam