Tuesday 9 February 2016

MY URIP MY ADVENTURE

MY URIP MY ADVENTURE
Saat perjalanan pulang dari mencari “rumput”, sebuah sepeda motor dengan gerobag di belakang menyalip bagaikan Pesawat Sukhoi. Nampaknya memang si pengendara adalah pedagang yang mungkin lagi kejar setoran, atau mungkin harus segera menghabiskan dagangannya untuk kemudian entah apa yang akan dia lakukan.  Tidak sengaja mata ini tertuju pada gerobak yang tertempel di bagian belakang sepda motor si pedagang. Yah... sebuah tulisan yang sangat popoler dan banyak dijadikan ‘meme’ di medsos, MY URIP MY ADVENTURE, plesetan dari MY TRIP MY ADVENTURE.

Hemmm, tersenyum juga bibir ini membaca ini. Tapi...sempat terpikir sepanjang perjalanan pulang. Betul juga dengan apa yang tertulis tadi. Jika diartikan secara luas MY URIP dalam bahasa jawa artinya HIDUP SAYA, sedngkan MY ADVENTURE dalam bahasa orang London dan bule artinya BERPETUALANG, kalau gak salah sih begitu. Lepas dari arti kata sebenarnya, ternyata kalimat tersebut mempunyai makna yang dalam, bukan hanya sekedar melakukan ADVENTURE dalam arti sebenarnya.
Kemabli lagi ke MY URIP MY ADVENTURE. Masih teringat “tutur, sembur, dan wur-wur” dari para kadhang dan pinesepuh dahulu bahwa “Urip kui Urup”. Artinya adalah Hidup itu menyala, hidup itu hidup. Hidup itu penuh dengan perjuangan, jalani kehidupanmu sebagai bentuk perjuangan dan keiklasan, selalu bersyukur, berbuatlah baik, sehingga hidupmu akan hidup.

Memang hidup itu adalah perjuangan, lebih hebat dari petualangan yang biasa orang lakukan pada umumnya. Mungkin kita semua pernah melakukan namanya ADVENTURE dalam arti sebenarnya adalah berpetualang ke alam bebas, ke tempat tempat ekstrim atau bahkan mencari petualangan petualangan yang dirasa dapat memuaskan suasana hati. Yah.. itu boleh saja, orang mempunyai pilihan dan bebas mengartikan. Hal itu merupakan satu contoh kecil dari ADVENTURE. Namun disadari atau tidak, perjalanan hidup kita selama inilah yang sebenarnya ADVENTURE.
Hanya sebatas opini dan pendapat dari coretan ini yang tiada guna. Kehidupan keras, kehidupan penuh perjuangan demi mencari makan, bekerja, belajar, semua adalah adventure. Jika pada akhirnya adalah “kepuasaan” yang didapat, maka tidak ada salahnya jika MY URIP MY ADVENTURE lebih hebat dari MY TRIP MY ADVENTURE.  Jika banyak orang melakukan ADVENTURE dengan biaya yang besar, tempat yang ekstrim, maka diluar sana banyak orang yang masih membutuhkan, diberikan dengan segala keterbatasan fisik, orang sakit yang berjuang demi kesembuhannya, anak anak kita yang giat belajar dan berjuang untuk kesekolah, dan masih banyak  orang dengan problemantika kehidupannya, mereka ber ADVENTURE dan akhirnya meemukan kepuasaan. Jika mereka dengan segala keterbatasan dan kekurangan dapat melampaui ADVETURE nya, mengapa kita tidak. Sederhana, sukses dalam menempuh petualangan hidup maka kepuasaan dan ketenangan akan didapat sesuai tujuan.
Semua adalah pilihan, manusia boleh menentukan dan memilih. Ini bukan suatu keputusan dan kebijakan dalam memandang sebuah kiasan, anggap saja sebuah kisah klasik. Yang terpenting adalah “Syukuri hidupmu, berbuatlah baik bagi sesama, berpetualanglah selagi mampu “.
Sumber foto : www.google.com


No comments:

Post a Comment

Terima Kasih telah mengunjungi gubuk saya...!!
Salam